Khimar Ceruti, Trend Sepanjang Masa

Khimar ceruti jadi favoritnya para muslimah, terutama untuk dikenakan ke acara-acara resmi karena tekstur ceruti yang jatuh menjadikan penampilan para muslimah menjadi lebih elegant.
Seperti apakah tekstur kain ceruti ?

  • Kontur atau permukaan bahan kain ceruti pada dasarnya memiliki bentuk yang sangat mirip dengan kulit jeruk namun cenderung lebih halus dan terdapat bitnik-bintik kecil.
  • Jika diterawang akan terlihat serat yang membentuk gelombang awan atau kabut
  • Bahan kain ceruti cenderung lebih lembut dan sedikit elastis
  • Masanya agak berat dan jika dipakai sebagai busanana akan terasa jatuh, sehingga tidak ringan atau melayang

Ceruti sendiri juga ada banyak ragamnya, mulai dari yang berkualitas kurang bagus, sampai yang berkualitas premium, khimar ceruti ini umumnya dibuat dalam dua layer / dua lapis, karena akan terawang jika hanya 1 layer. Oleh sebab itu khimar ceruti 2 layer umumnya dibandrol dengan harga yang lumayan, tentunya pengaruh dari banyaknya kain yang digunakan. Jika anda menemukan toko yang jual khimar ceruti dengan harga yang murah meriah, nah tentunya anda jangan berharap mendapat khimar dengan bahan ceruti yang bagus 🙂

Tentunya anda ingin merawar khimar ceruti anda supaya bs awet dan lama dipakai, biasanya keluhan beberapa muslimah adalah kesulitan menghilangkan noda di kain ceruti, dan setrika khimarnya yang agak susah, Berikut beberapa tips yang dapat anda gunakan.

  • Menyiapkan Alat dan Bahan

Seperti biasa, anda harus menyiapkan beberapa alat dan bahan yang akan anda gunakan untuk menyetrika. Beberapa peralatan dan bahan tersebut antara lain: setrika, handuk putih atau bisa juga menggunakan kain yang tebal berwarna putih, dan juga siapkan papan untuk dijadikan alas.

  • Panaskan Setrika

Setelah itu, anda mulai memanaskan setrika. Ingat, anda harus memeriksa suhu dari setrika tersebut. Sesuaikan suhu pada setrika dengan tekstur yang ada pada kain ceruti. Karena kain ceruti terbilang kain yang tipis, maka atur suhunya agar benar-benar sesuai.

  • Letakkan Kain Ceruti
Langkah ketiga adalah mulailah menghamparkan kain ceruti pada papan alas yang sudah anda siapkan. Pastikan anda sudah menghamparkan secara penuh dan tidak ada bagian yang menekuk. Jangan sampai melapisi kain ceruti dengan kain yang lainnya.
  • Mulai Menyetrika

Sebelum anda mulai menyetrika, anda harus ingat bahwa sebelumnya anda harus menutupi area yang akan anda setrika tersebut dengan handuk atau kain tebal yang berwarna putih. Alasan mengapa kami menyarankan untuk menggunakan warna putih agar warnanya nanti tidak sampai luntur ke kain ceruti yang sedang anda setrika.

Selain itu, menyetrika kain ceruti memang tidak bisa dilakukan secara langsung ke kainnya tersebut. Hal ini karena dikhawatirkan suhu panas yang ada pada setrika malah membuat kain ceruti anda kusut. Maka dari itulah, penting bagi anda untuk menempatkan handuuk atau kain tebal berwarna putih sebagai alas.

  • Setrika Dengan Perlahan-Lahan
Menyetrika kain ceruti memang berbeda dengan menyetrika kain yang lainnnya. Anda harus melakukannya dengan berhati-hati karena kain ceruti berbahan tipis. Setelah anda tutupi dengan handuk atau kain putih, setrikalah ke seluruh bagian kain ceruti tersebut dan ulangi beberapa kali. Ingat, tidak perlu harus terlalu menekan ketika menyetrika. Kain ceruti akan halus dengan sendirinya karena seperti yang sudah kami jelaskan bahwa kain tersebut berbahan tipis.
  • Semprot Pengharum Pakaian

Untuk membuat kain ceruti anda mengeluarkan bau yang wangi, maka jangan lupa untuk menyemprotkan pengharum pakaian. Ada banyak pengharum pakaian yang dijual di mini market dengan beragam merk. Selain itu, anda juga bisa membuat pengharum pakaian tersebut dengan tangan anda sendiri. Menyemprotkan pengharum pakaian juga bisa membantu membuat kain yang anda setrika menjadi licin sehingga mudah untuk disetrika.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top