Apa sih Beda Jilbab, Kerudung, Hijab, dan Khimar?

Sejak dulu di Indonesia telah dikenal istilah jilbab dan kerudung untuk penutup kepala wanita muslimah, namun sejak 2010 mulai muncul istilah baru di Indonesia yaitu Hijab dan beberapa tahun berikutnya muncul lagi istilah khimar, lalu apa bedanya?

Untuk istilah hijab sendiri merupakan bahasa serapan dari bahasa Inggris di mana orang-orang barat menyebut jilbab dan kerudung dengan kata Hijab yang akhirnya sebutan hijab menjadi populer di Indonesia, bisa jadi kerena terdengan lebih keren sehingga kata hijab banyak digunakan hingga akhirnya muncul berbagai komunitas yang menyebut diri mereka sebagai hijabers.

Sedangan untuk Kata khimar baru mulai populer di akhir tahun 2012, dan khimar ini biasanya mengacu pada model kerudung instan yang lebar dan panjang, sehingga seringkali orang juga menyebut denga istilah khimar syar’i.

Kurang lebih seperti itulah pengertian yang ada di masyarakat Indonesia, namun ternyata Jilbab, Hijab, Khimar, dam kerudung memiliki arti yang berbeda-beda berdasarkan bahasa asalnya (Bahasa Arab).

Yuk kita bahas satu-satu apa itu Jilbab, Hijab, Khimar, dan Kerudung?

Apa Itu Jilbab ?

jilbāb (Arab: جلباب ) dalam bahasa Arab adalah busana muslim terusan panjang menutupi seluruh badan kecuali tangan, kaki dan wajah yang biasa dikenakan oleh para wanita muslim.

Perintah menggunakan Jilbab ini pun terdapat dalam Al-Quran surat Al-Ahzab ayat 59

Hai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang-orang mu’min: Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ketubuhnya. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, lagi Maha Penyayang. (al-Ahzab (33): 59)

 

Dalam salah satu tafsir oleh Al-Qurtubiy mengatakan, pakaian penutup aurat hendaklah terbuat dari bahan yang tidak tembus pandang, agar warna kulit tidak kelihatan, dan berbentuk longgar, agar bentuk badannya tidak tampak, kecuali apabila sedang bersama suaminya, sebab pakaian tembus pandang dan sempit, tidak memenuhi fungsinya sebagai penutup aurat.

Jadi mungkin lebih tepatnya yang dimaksud jilbab sebenarnya adalah pakaian panjang yang kalau di Indonesia dikenal dengan istilah Gamis.

Apa Itu Hijab?

secara harfiah Hijab (bahasa Arab: حجاب hijab) artinya adalah penghalang atau penutup secara umum seperti tirai, kelambu, papan pembatas dan lain sebainya yang berfungsi sebagai penghalang atau penutup. Namun di negara-negara barat istilah hijab ini lebih kepada penutup kepala wanita muslimah. Itulah tidak heran jika di Indonesia hijab juga merujuk pada jilbab dan kerudung.

Khimar

Khimar dalam Al-Qur’an dengan istilah khumur, sebagaimana terdapat pada surat An Nuur ayat 31: “Hendaklah mereka menutupkan khumur (kerudung-nya) ke dadanya. (An Nuur :31) ”

Sehingga dapat disimpulkan Khimar merupakan pakaian atas atau penutup kepala yang mencakup menutupi kepala, leher dan menjulur hingga menutupi dada wanita dari belakang maupun dari depan (termasuk menutupi tulang selangka)

Kerudung

Kerudung adalah apapun yang bisa menutup kepala biasa di sebut kerudung, meskipun tidak menutup seluruh rambut dan leher.

Kerudung hampir mirip dengan khimar, namun kerudung tidak dianjurkan dalam Islam. Sebab, desain kerudung cuma sebagai penutup kepala saja.

Umumnya orang Indonesia mengenal kerudung sebagai selembar kain yang di lilitkan dari kepala hingga leher atau bisa disebut pashmina.

Gimana sudah jelas kan apa perbedaan hijab, jilbab, khimar dan kerudung. Jangan sampai menganggapnya sama ya, karena kebanyakan orang menganggapnya sama. Semoga info berikut dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *